Sebuah pembelajaran yang berhasil membutuhkan motivasi dan keterlibatan pembelajar. Dalam hal ini CECR (Cadre Européen Commun de Référence) menempatkan pembelajar sebagai Pusat dari proses pembelajaran. Untuk itu pembelajar harus tahu tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan serta tahu kemampuan yang dimilikinya
            Selama ini, banyak pengajar yang mengukur keberhasilan pembelajarnya melalui tes/ulangan baik tulis maupun lisan. Namun hasil tes tersebut hanya mengukur hasil belajar yang temporer dan tidak dapat menggambarkan bagaimana keberhasilan dari proses belajar tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pengajar adalah pusat dari proses pembelajaran sedangkan pembelajar obyek yang pasif.
            Untuk mendapatkan gambaran keberhasilan proses pembelajaran, CECR menyarankan untuk mengadakan auto-evaluasi bagi pembelajar. Auto-evaluasi bukanlah sebuah tes dan juga bukan pengganti tes/ulangan tetapi bersifat melengkapi. Auto-evaluasi tidak memberikan nilai/poin/skor tetapi lebih menunjukkan kemampuan pembelajar setelah proses pembelajaran. Pembelajar harus mengevaluasi diri sendiri, sejauh mana tujuan pembelajar sudah dicapai. Kejujuran dan pengertian adalah kunci utama untuk dapat mengevaluasi diri sendiri. Dengan demikian, peran pengajar adalah sebagai penghubung antara pembelajaran di kelas dan kemampuan pembelajar dalam mengevaluasi diri sendiri.
            Kegunaan auto-evaluasi, antara lain:
1.                  Membantu pembelajar untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pembelajar.
2.                  Memotivasi pembelajar untuk meningkatkan kemampuan dan berinisiatif mencari cara agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
3.                  Membantu pengajar untuk mengetahui apakah proses yang dilakukan telah sesuai dengan tujuan dan sasaran.
Salah satu bentuk auto-evaluasi yang bisa kita pakai adalah Portofolio, yang memuat tujuan pembelajaran. Pembelajar diminta untuk mengisinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki setelah proses pembelajaran selesai. Salah satu kendala yang mungkin muncul adalah ketidakjujuran. Terkadang pembelajar mengisi dengan hal-hal yang baik saja karena khawatir akan berdampak pada nilai akhir. Disinilah pengajar harus menekankan bahwa portofolio bukanlah tes/ujian/ulangan dan tidak diberikan poin/skor. Selain itu juga tidak ada salah atau benar. Portofolio hanyalah gambaran atau pemetaan kemampuan pembelajar untuk mempermudah pembelajar dan pengajar bersama-sama mencapai tujuan dari proses tersebut.
Contoh portofolio dapat kita lihat di bawah ini dan sebagai pembanding dapat pula dilihat pada buku Le MAG (”fais le point” pada buku pegangan/latihan dan ”portfolio” pada guide pedagogique) ataupun buku STUDIO di halaman 8 – 11.
 
 
 
 
PORTOFOLIO
 
N O M       :       …………………………………     
CLASSE    :       X – ……
DATE        :       …………………………………
 
FAIS LE POINT SUR TES CONNAISSANCES !
 
** Je suis fan ! **
 
Maintenant, je sais …..                                         Oui   Un peu  Non
§   Saluer quelqu’un, dire au revoir à quelqu’un              ……   ……      ……
§   me présenter                                                  ……    ……    ……
§   présenter quelqu’un                                      ……    ……    ……
§   demander à quelqu’un de se présenter      ……   ……      ……
§   compter jusqu’à 10                                        ……    ……    ……
Je connais …
§   quelques stars français                                ……    ……    ……
 
DATE      :    ………………………
 
** Tous différents !**
 
Maintenant, je sais …                           Oui    Un peu    Non
§   me décrire                                      ……     ……     ……
§   décrire quelqu’un                          ……     ……      ……
§   dire mon âge                                 ……      ……     ……
§   demander l’âge de quelqu’un       ……      ……     ……
§   écrire un slogan                            ……      ……     ……
§   compter jusqu’à 20                        ……      ……     ……
 
DATE      :   ……………………………   
 
** Vive les vacances !**
 
Maintenant, je sais …                                              Oui    Un peu    Non
§   parler de mes vacances                                           ……   ……      ……
§   poser des questions sur les vacances de quelqu’un    ……   ……      ……
§   dire où je vais et comment                                       ……   ……      ……
§   écrire une carte postal                                              ……   ……      ……
Je connais …
§   quelques villes françaises                                        ……   ……     ……
 
Daftar Pustaka
 
http://www.coe.int/portfolio/fr
http://www.fle.hachette.livre.fr
 
*) Disampaikan Oleh Kartika S. Hardjanti, S.Pd. dalam rangka seminar sehari yang diselenggarakan oleh PPPSI Jakarta di Jurusan Bahasa Prancis UNJ tanggal 29 Maret 2008.